20 November 2014

Nusa Penida ku kan kembali

Seperti judul tersebut selalu ingin kembali ke sana, tahun 2014 ini sudah 2 kali saya mengunjungi Nusa Penida di bulan May dan Juni  kemarin.

Awalnya hanya bisa tergiur melihat photo keindahan Nusa Penida  dari internet, tetapi akhirnya saya dan suami memutuskan untuk berkunjung juga,

Boat yang kami tumpangi dimulai dari Sanur menuju Nusa Penida , perusahan dari angkutan tersebut adalah Maruti Express,

10 menit pertama mesin sempat mati di tengah laut , kurang lebih 2 menit lamanya ,tapi bagi saya itu adalah menit menit yang sangat menengangkan betapa tidak gelombang ombak 2-3 meter bersahut sahutan menghampiri boat yang kami tumpangi

Akhirnya setelah 2 kali mesin bermasalah dan kami pun tiba di Nusa Penida yang normalnya sekitar 30 menit ditempuh hari itu menjadi 45 menit . karena tiba nya sudah siang akhirnya kami hanya bisa mengunjungi satu tempat saja hari itu yaitu Crystal Bay yang tidak jauh dari tempat kami menginap di Namaste Hotel.

Di Crystal Bay selain masih sepi , pantainya juga bersih dan disinilah tempat yang terkenal untuk para penyelam bisa menyaksikan ikan Mola Mola pada bulan bulan tertentu di setiap tahun.

Selain bermain di tepi pantai seperti biasa,  saya tidak akan menyianyiakan kesempatan mengabadikan keindahan sunset dari tepi pantai ini.

Di hari Kedua kami memutuskan melakukan snorkeling untuk melihat dari dekat  ikan manta ray , untuk catatan saja bahwa tour ini juga membutuhkan keberanian karena tempat menyaksikan manta manta tersebut

hanya ada di dekat tebing tebing yang dilalui ombak yang cukup kuat,  jadi tidak boleh panik, karena arus yang di lawan cukup kuat apalagi hanya dalam keadaan snorkeling ,

Tetapi hari itu terbayar juga pengorbanan saya, sempat berada diantara manta manta yang berseliweran yang besarnya bisa mencapai 3 meter lebih adalah pengalaman yang luar biasa, saking senang  sudah lupa untuk di abadikan sebanyak banyaknya, malahan saya lebih banyak menyaksikan mereka bermain dan berkeliaran sana sini.

Sore hari nya kami mengunjugi Pasih Uug atau Pasih Uwug , lokasi untuk menjangkau tempat ini sungguh berat medannya, lebih banyak jalanan yang tidak beraspal dan berlubang yang harus dilalui, bener bener suatu perjuangan, jarak yang di tempuh bisa mencapai 40-60 menit dari hotel .

Tidak jauh dari Pasih Uug jangan lupa mampir juga ke Pasih Andus , disini juga tidak kalah indah pemandangan nya, sangat menarik bisa menyaksikan deburan ombak yang kuat menghantam karang karang di pinggir tebing .

Tempat berikut adalah Atuh beach atau pantai Atuh, ini adalah tempat yang pas untuk mengabadikan matahari terbit karena berada di sebelah timur Pulau Nusa Penida , kalau di lihat dari peta, posisi Atuh beach ini benar benar di ujung pulau ini,
jadi tidak heran kami harus berangkat pagi pagi buta dari jam 4 subuh menuju ke arah Pantai Atuh , ditempuh sekitar 50-60menitan , setiba di sana masih harus di tempuh dengan berjalan kaki lagi, jadi siapkan senter dan jangan lupa menggunakan celana panjang karena akan melalui semak semak dan rumput rumput kering .

Bana Cliff , jangan lupa memasukkan ini kedalam tujuan kalian, silahkan dilihat sendiri dari gambar nya, begitu indah dan tentunya masih jarang dikunjungi oleh banyak orang.

Sebenarnya masih ada beberapa tempat tempat indah lain nya yang belum kami datangi di sana, tetapi untuk saat ini hanya ini yang bisa di share dengan kalian.

Sekali lagi seperti judul diatas: ku kan kembali , mencoba explore tempat tempat lain nya yang belum sempat kami kunjungi.

Semoga bermanfaat dan selamat berpetualang di Nusa Penida.

1. Ok fine, aku akan ke penida hahaha. Kmrn aku juga ketemu manta di derawan dan banyak buanget :-)